Wednesday, October 31, 2012

Hanya Bisa Ditemui Satu Kali Dalam Satu Tahun





Ini video klip lagu "Ode Buat Kota" milik group Indie-Pop "Bangku Taman" asal Yogyakarta. Dibuat di tahun 2010 saat sholat Ied sedang berlangsung serentak di seluruh wilayah Jakarta.

Sudah lama saya suka sekali video klip ini. Tapi baru sempat men-share-nya sekarang. Salah satu yang menarik menurut saya, selain lagu yang enak didengar adalah fakta yang dimuat di running text video tersebut mengenai Jakarta. Datanya diambil dari Japan International Corporation Agency dan The Institute of Transportation and Development Policy (ITDP). 

Berikut ini sebagian yang saya tulis ulang :
  1. Pada bulan Juli 2010, jumlah penduduk propinsi DKI Jakarta adalah sebanyak 8.525.109 jiwa. (Itupun dengan catatan, jika semua penduduk rata terkena sensus).
  2. Angka tertinggi jumlah penduduk diraih oleh wilayah Jakarta Timur yang mencapai kurang lebih 2.630.836 jiwa.
  3. Pertumbuhan kendaraan di Jakarta per tahun diperkirakan sebesar 11 persen. Dimana pertumbuhan panjang jalan per tahun diperkirakan hanya 1 persen saja.
  4. Tercatat setiap harinya ada sekitar 138 pengajuan pembuatan STNK baru di wilayah Jakarta.
  5. Setiap hari juga tercatat sekitar 890 sepeda motor baru terdaftar di wilayah Jakarta.
  6. Sampai dengan bulan Mei 2010, tercatat jumlah sepeda motor di wilayah Jakarta mencapai 8.087.118 unit.
  7. Pada jam - jam rawan macet (pagi dan sore hari) pergerakan kendaraan - kendaraan di jalan utama di Jakarta sekitar 12 km/jam.
  8. Kerugian yang diperoleh oleh masyarakat karena pemborosan nilai waktu di jalan dan pemborosan biaya operasi kendaraan bermotor (terutama bahan bakar) adalah (sekitar) lebih dari 17,2 trilyun rupiah per tahun.
Kesimpulan dari dua lembaga peneliti tersebut, jika tidak ada perbaikan pada sistem tata kota, kondisi Jakarta diperkirakan akan lumpuh total di tahun 2014.

Kalau untuk saya sendiri, fakta yang ditampilkan tersebut merupakan PR besar bagi pemerintah kota Jakarta, SEMUA penduduk Jakarta, serta SEMUA penduduk di wilayah lain yang beraktivitas di Jakarta.

Kalau untuk saya sendiri, satu titik putih tidak bisa mengubah warna lautan hitam. Begitupun sebaliknya, satu titik hitam, tidak memberi perubahan warna yang begitu berarti bagi lautan putih.

Kalau untuk saya sendiri, tidak perlu punya cita - cita jadi superhero seperti Bruce Wayne yang berhasil menyelamatkan kota tempat dia tinggal, tapi lakukan saja hal positif di lingkungan sekitar terlebih dahulu. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, tidak meludah di sembarang tempat, atau bahkan tidak lupa mendoakan negara beserta penghuninya dalam tiap sholat. Sekecil apapun, meskipun belum bisa memberi perubahan besar dan berarti,  paling tidak itu membawa kebaikan di dalam diri sendiri.

No comments:

Post a Comment