Friday, December 7, 2012

Semua Ada Di Sini

Ini cerita tentang stasiun kereta. Tempat dimana sekarang ini hari-hari saya dihabiskan di tempat ini.

Semua ada di sini. Mulai dari penumpang kereta kelas ekonomi. Isinya? Pekerja kantoran, pedagang grosir beserta kardus-kardusnya, tukang sayur, tukang ayam beserta ayam-ayamnya.

Ada juga penumpang kereta commuter. Yang isinya pekerja kantoran beraneka jenis. Ada pegawai negeri sekali itu yang seragamnya khas. Ada juga pekerja kreatif yang dandanannya sekreatif gelarnya. Ada juga pekerja kantoran yang baik dan tidak sombong seperti saya. Hehe.

Dan di stasiun pula saya bisa menemukan pedagang-pedagang aneka rupa. Ada yang menjual suaranya. Ada yang menjual keterbatasan fisiknya. Ada yang menjual iba melalui anak (entah siapa) yang digendong-gendong dengan tatapan maut ala puss in boots.

Belum lagi penjual barang-barang yang akan membuat anda sebagai yang pertama kali mempunyai pengalaman baru menjadi sama noraknya dengan saya karena kagum sekali. Barang-barang yang saya maksud misalnya adalah : jas hujan dari kantong kresek yang biasa kita bawa dari pasar saat menenteng sayur. Atau bando telinga kelinci yang bisa nyala ala lampu pohon natal karena ada baterainya.

Dan jangan salah, di stasiun juga banyak anak sekolah. Mulai dari anak yang masih diperhatikan dengan baik oleh orangtuanya, oleh pembantunya, bahkan oleh tukang ojek komplek. Yang ini bisa dilihat dari siapa yang mengantarnya.

Berada di lingkungan beraneka ragam tersebut membuat saya mempunyai cerita setiap harinya untuk dibagi kepada keluarga dan orang-orang di sekitar saya.

Membuat hidup jadi lebih berarti. Lebih bersyukur jika melihat mereka yang keadaannya tidak lebih baik dibandingkan saya. Lebih meningkatkan motivasi jika melihat mereka yang keadaannya lebih baik daripada saya.

Sayangnya hanya satu. Kenapa ya fasilitas transportasi ini tidak didukung lebih baik lagi oleh negara? Padahal di negara maju, transportasi kereta yang dikembangkan dengan baik. Tidak ada lagi stres karena macet di jalan. Kerja jadi lebih produktif karena efisiensi waktu dan tenaga serta pikiran.

Dan terutama, kalau saja transportasi kereta dikembangkan dengan baik, cerita saya akan jadi lebih penuh warna.







No comments:

Post a Comment