Sunday, December 30, 2012

Some Things Are Better Left Written

Saya suka menulis. Dan menurut saya, ada beberapa hal, yang lebih baik disampaikan lewat tulisan ketimbang berbicara. Lebih tercapai tujuannya.

Beberapa masalah dengan sahabat, pacar, keluarga, bahkan mantan, saya selesaikan lewat tulisan. And it works for me!

Ya meskipun ada juga beberapa hal yang butuh penyelesaian cepat, akan lebih efektif disampaikan secara langsung.

Tapi untuk hal-hal yang sifatnya personal, menurut saya, lebih mengena di hati jika disampaikan lewat tulisan.

Surat. Ya, meskipun metode komunikasi ini sudah tergeser dengan teknologi yang lain yang lebih maju, saya tetap menganggap menulis surat itu salah satu cara berkomunikasi yang efektif. Terutama ya itu tadi, untuk masalah-masalah yang sifatnya personal.

Saya mulai suka surat menyurat ketika di SMA dulu. Teman-teman saya di Tarki juga pasti familiar sekali dengan bagaimana dulu surat menyurat menjadi cara berkomunikasi yang umum dengan teman satu angkatan, adik kelas maupun kakak kelas dalam satu ekskul yang sama. Suratnya dihias-hias. Bahkan dulu saya punya satu tempat pensil besar yang isinya spidol, stabilo, maupun pensil warna berbagai jenis, khusus untuk menghias surat.

Dari situ saya mulai bereksplorasi dengan tulisan dalam sebuah surat. Saya mulai menyadari, menulis surat itu salah satu cara berani jujur dalam berhubungan. Karena melalui surat saya lebih bebas menuangkan apapun isi hati dan pikiran saya. Ungkapan sayang, senang, bangga, bahkan marah juga bisa disampaikan secara jujur melalui surat dalam cara yang tidak membuat situasi menjadi 'panas'.

Sampai detik ini saya masih suka menulis surat, terutama untuk keluarga, pacar serta sahabat.

Apalagi menjelang pergantian tahun. Bersama beberapa sahabat dekat, bertahun-tahun belakangan ini saya selalu rutin bertukar surat. Isinya? Mulai dari review hal-hal yang terjadi setahun kemarin, uneg-uneg terhadap satu sama lain, resolusi yang ingin dicapai di tahun mendatang, serta ungkapan syukur untuk masih saling memiliki satu sama lain dan hal-hal baik lain yang terjadi di hidup kami.

Lengkap kan? Dalam satu paket tulisan, saya mendapat banyak hal. Dan sampai detik ini pun semua surat ini saya kumpulkan rapi di satu amplop besar. Dan sampai detik ini juga, setiap menerima surat baru atau membaca lagi surat-surat lama yang ada, saya sukses bisa tertawa dan menangis terharu dalam satu waktu.

And hopefully, this good thing will be last forever in my life.


No comments:

Post a Comment